SEPUTAR TANGKAR CENTRONG ATAU MURAI IRIAN

Dipasaran kadang kita melihat jenis burung menggunakan rona hitam serta paruh yg akbar. Burung eksotis ini dikenal menggunakan nama tangkar centrong atau Racket-tailed treepie (Crypsirinia temia), banyak penggemar burung di sini menyebutnya dengan sebutan murai irian, yg merupakan burung sejenis treepie yang memiliki berukuran panjang 35 cm termasuk ekornya yang memiliki panjang 18cm. 

Warna tubuhnya yg abu-abu gelap serta ekor dengan ujung yg berbentuk seperti sendok ditambah lingkaran mata yang kebiruan menciptakan penampilan burung ini tampak lebih gagah serta sangar. 
Namun dibalik itu, suara kicauannya ternyata kurang menarik perhatian poly penggemar burung di Indonesia. Meski begitu terdapat jua beberapa kicaumania yang menjadikan suara unik menurut burung tangkar centrong ini sebagai suara masteran bagi burung kesayangannya. 
Penyebaran burung ini meliputi Myanmar, Thailand, Indo-China, Sumatra, Jawa serta Bali. Termasuk burung penetap yang hidup secara sendiri-sendiri dan kadang terlihat berpasangan pada hutan-hutan sekunder, rumpun bambu, hutan semak, lahan-lahan pertanian, sampai pekarangan tempat tinggal .  

Dikenal menjadi burung arboreal yg ialah bahagia menghabiskan waktunya di ketinggian, burung ini memakan serangga serta juga buah-buahan. Ekor panjang yg berbentuk sendok dalam bagian ujungnya merupakan penyeimbang bagi tubuhnya ketika beristirahat di puncak -zenit pohon. 


Suara kicauan burung tangkar centrong

Semoga berguna

0 Response to "SEPUTAR TANGKAR CENTRONG ATAU MURAI IRIAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel