TAMAN NASIONAL LINDU LORE HABITAT 265 SPESIES BURUNG

Kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah diketahui menyimpan sebanyak 265 spesies burung yg hidup dan berkembangbiak, hal tadi diungkapkan oleh Idris Tinulele seseorang peneliti. 

Menurutnya jua jumlah keragaman spesies burung yg terdapat di Sulawesi mencapai kurang lebih 400 spesies burung yg setiap tahunnya selalu terdapat spesies burung baru yang ditemukan berada pada tempat hutan lindung itu.
Selama ini, beberapa spesies burung yg sanggup dijumpai pada Kawasan Taman Nasional Lore Lindu antara lain elang, nuri, maleo atau male senkawor (macrocephalon maleo), gagak (corvus unicolor), kakatua mini jambul Kuning (cacatua sulphurea), kacamata (zosterops nehrkorni), madu (aethopyga duyvenbodei), burung elangg bondol, rangkong, alo, jalak tunggir 
merah (scissirostrum dubium ), dan burung kipasan Sulawesi (rhipidura teysmann).

Kawasan TNLL memang telah tempat yg sebagai daya tarik bagi para wisatawan berdasarkan mancanegara buat berkunjung ke Sulawesi Tengang karena ingin melihat keberagaman spesies burung yang terdapat pada kawasan taman nasional itu. 
Ada dua wilayah yang rutin dikunjungi oleh para wisatawan yaitu Danau Tambing yg terletak di Dataran Napu, Lore Utara, Kabupaten Poso serta Danau Lindu pada Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi. Selain mempunyai pemandangan yg indah, disekitarnya poly sekali ditemukan banyak sekali jenis burung yang menarik perhatian para wisatawan terutama para penggemar burung atau Bird Watchers. 

Namun sayangnya, dari Idris, banyak orang yg tidak bertanggung jawab memburu serta menangkapi beberapa jenis burung buat diperdagangkan. Hal ini relatif mengkhawatirkan, lantaran apabila kasus tadi tidak segera ditangani maka populasi burung di Kawasan TNLL akan terus berkurang. Padahal salah satu tujuan wisata para turis mancanegara ke kawasan itu merupakan untuk melihat aneka macam jenis burung.


0 Response to "TAMAN NASIONAL LINDU LORE HABITAT 265 SPESIES BURUNG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel