TIPS MENJODOHKAN PLECI AGAR SIAP TANGKAR

Sebagai burung koloni, poly pleci mania yg memelihara lebih berdasarkan satu ekor pleci pada rumah. Tak sporadis menurut beberapa ekor burung tadi, terselip satu-dua ekor pleci betina yg sengaja dipelihara sebagai pemancing suara. Pada edisi kali ini, agrobur.com mengajak anda seluruh buat memanfaatkan pleci betina tadi buat berkembangbiak serta menghasilkan keturunan. Berikut tips menjodohkan pleci agar siap ditangkarkan. 

Tips menjodohkan pleci supaya siap tangkar 
Tahap perjodohan merupakan tahapan paling krusial sebelum memulai upaya penangkaran burung. Meski pada proses perjodohannya sering mengalami kendala, tetapi bila dilakukan menggunakan langkah-langkah yang tepat serta pula kesabaran yg tinggi, maka tahapan tersebut akan berjalan sesuai dengan yg direncanakan. 
Pada burung pleci, perjodohannya tentu nir akan terlalu sulit saat menjodohkan burung kicauan lain yg bersifat teritorial. Pleci adalah burung koloni, bahkan pada berkembangbiak pun mereka selalu berada pada ruang koloninya. Hal tersebut tentu sebagai nilai tambah bagi  peternak pemula yg ingin mencoba menangkarkannya. 
Berikut langkah-langkah awal dalam perjodohan pleci:
  • Siapkan 2 indukan yang terdiri dari 2 ekor burung pleci dewasa yg berlainan jenis kelamin. Masing-masingnya menggunakan kandang kecil yang terpisah. 
  • Selama satu - dua minggu, tempelkan kedua sangkarnya pada jarak sangat dekat sebagai proses awal pengenalan. Usahakan supaya posisi tenggeran di kandang keduanya saling melekat, sebagai akibatnya nantinya ke 2 burung sanggup saling berdekatan.  
  • Berikan pakan berupa kroto dan ulat hongkong/kandang selama masa pengenalannya tersebut. 
  • Setiap satu minggu sekali sangkarnya kemudian dipisahkan pada jeda yang berjauhan untuk melihat bagaimana reaksi mereka. Apabila saat dipisahkan itu kedua burung saling mencari dan memanggil bersahut-sahutan, itu tandanya proses sosialisasi telah berjalan sinkron planning, tinggal proses perjodohannya saja. 
  • Siapkan sangkar yang akan digunakan menjadi kandang ternaknya. Kandang tersebut sanggup menggunakan sangkar harian yg berjeruji kedap. Letakkan tempat sarang lengkap dengan bahan bersarang yang dipakai, misalnya serat nanas.  
  • Masukkan kedua burung dalam sangkar ternaknya tersebut pada malam hari, kemudian perhatikan perilaku mereka. Jika si jantan mendekati betina sembari ngeriwik dan membawa bahan sarang, maka proses perjodohan sudah berhasil dan burung siap buat berbiak. 
  • Jika burung jantan terlalu agresif dan selalu mengejar betina, maka segera pisahkan pleci jantan ke dalam sangkar terpisah. Sedangkan burung betina dibiarkan dalam kandang ternaknya. Ulangi lagi langkah perjodohan menggunakan menempelkan kandang jantan menggunakan sangkar yang berisi pleci betina.
  • Setelah beberapa hari, cobalah buat menyatukan keduanya sambil tetap mengamati perilaku keduanya. Jika berhasil anda tinggal melanjutkan penangkarannya, tetapi jika masih permanen gagal maka anda sanggup mengulanginya terus menerus hingga keduanya mau berjodoh. 
  • Selama berada dalam sangkar ternaknya, berikan pakan yang tinggi protein misalnya kroto serta ulat sangkar. Sedangkan buat penjemuran bisa dilakukan selama 20 - 30 mnt sehari sebelum burung betina mulai bertelur.

Demikian tips menjodohkan pleci supaya siap tangkar. Setelah melewati termin-tahap tersebut , maka ke 2 burung akan melakukan perkawinan, yang dilanjut dengan merapihkan sarang lalu bertelur.
Salam kicau!

0 Response to "TIPS MENJODOHKAN PLECI AGAR SIAP TANGKAR"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel