LAYANAN PEMBUATAN EKTP DI BLORA KURANG CEPAT MEMBUAT MASYARAKAT KECEWA



Saveupdata.com - Akhir - akhir ini poly media yang memberitakan batas akhir pembuatan e-KTP, masyarakatpun berdatangan ke kantor kelurahan dan kecamatan buat melakukan pembuatan e-KTP. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan planning perekaman data kependudukan untuk pembuatan e-KTP yg diberi tenggat hingga akhir September 2016, tetapi pada pemberitaan pekan ini Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberi kelonggaran sampai pertengahan 2017.

Dalam proses pembuatan e-KTP di Kota Jakarta memang sangat gampang serta cepat proses pembuatannya, akan tetapi tidak selaras pada kota - kota mini . Tim Saveupdata.com meliput bagaimana proses pembuatan e-KTP di Kota Blora 16-09-2016, poly  hal - hal yg menciptakan rakyat kecewa terhadap layanan pemerintah diantaranya ;

Petugas Pendaftaran e-KTP pada Kecamatan yang Kurang Ramah serta Sopan.

Wiji salah satu pembuat e-KTP dia adalah warga Desa Plosorejo, yg belum melakukan perekaman data kependudukan menggunakan e-KTP. Proses dimulai berdasarkan Kantor Desa Plosorejo, proses layanan menggunakan diberikan form pengatar pembuatan e-KTP yang ditandatangani dan dicap oleh Kepala Desa Plosorejo. Setelah mendapatkan form e-KTP Wiji pribadi ke Kantor Kecamatan Kunduran, jeda tempuh ke kantor Kecamatan dari Desa Plosorejo merupakan 5 KM. Di kantor Kecamatan Kunduran Wiji pun galau karena antrian panjang hingga ke halaman kantor.

Proses pendaftaran perekaman dan foto pun dilakukan, akan namun petugas menurut Kantor Kecamatan kurang sopan serta kurang cekatan, untung dibantu sama anak magang dari Sekolah Menengah Kejuruan NU Kunduran jadi kinerja Kecamatan lebih baik dalam melayani ledakan produsen e-KTP. Ujar keliru satu pengunjung "Mesin satu yang antri ratusan kapan bare ( Kapan selesainya )"
Setelah terselesaikan melakukan perekaman dan foto Wiji pun pada minta untuk datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Blora Alamat : Jl. Sudarman No.3 Blora 58215, Dengan dibekali form bahwa telah melakukan perekaman serta foto pada Kecamatan.

Petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Blora Kurang Bisa Atasi Ledakan Pembuat e-KTP 

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Blora  
Kurangnya berita antar pihak Pemerintah Pusat Kota, Kecamatan, Desa menciptakan masyarakat resah pada melakukan pembuatan e-KTP. Ketika calon produsen e-KTP  telah sampai termin print e-KTP , pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Blora menolak data dari kecamatan " Perekaman hari ini nir dapat diproses ya pak.. Karena data belum masuk jadi satu minggu lagi" Ujar petugas e-KTP pada Kota Blora Ibu Marwah SE.
Masyarakat pembuat e-KTP pun kecewa serta kesal, seperti Nur "Saya sudah datang pagi - pagi daftar antrian 444 saat dipanggil malah ditolak padahal besok telah kerja di Jakarta, katanya petugas di Kecamatan eksklusif jadi." ujarnya.

"Padahal bila yang namanya online itu data dikirim berdasarkan manapun kalau terkoneksi menggunakan internet data bisa masuk waktu itu pula, jadi realtime. Namanya electronic KTP, tapi kenyataannya masih manual. Ini yg kurang bekerja menggunakan baik orang yang ada dibalik indera, jadi SDM nya pun harus mumpuni menggunakan teknologi digital jaman kini yang telah pada canangkan oleh pak presiden Jokowi'' Ujar keliru satu warga yang tidak mau disebutkan.

Saveupdata.com merangkum banyak hal  yang harus diperbaiki dalam pelayanan public khususnya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Blora.
  • Layanan yang Kurang Sopan Terhadap Masyarkat 
  • Masyarkat yang mempunyai pengetahuan rendah ( nir tamat sekolah ) Harus menerima pelayanan spesifik supaya tidak dimanfaatkan calo - calo yg terdapat pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Blora
  • Petugas Sering melakukan kesalahan menulis Nama pada KTP dan KK sehingga membuat warga wajib memperbaiki data tadi balik dan mengulang prosesnya
  • Human yang kurang tahu kinerja digital ( Kurang paham pada mengoperasikan mesin juga teknologi )
  • Perlunya CS di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Blora
  • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) harus menggelar kegiatan pelayanan sistem jemput bola ke kecamatan - kecamatan di Blora.
  • Seharusnya pencetakan e KTP dapat dilakukan diseluruh wilayah Indonesia, itu dapat mempermudah para pekerja diluar daerah supaya mampu mencetak di kota domisili loka bekerja

0 Response to "LAYANAN PEMBUATAN EKTP DI BLORA KURANG CEPAT MEMBUAT MASYARAKAT KECEWA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel