INILAH DELAPAN JENIS BURUNG PLECI YANG BANYAK DIPELIHARA

Pleci telah lama sebagai jenis burung kicauan paling digemari kicaumania pada Asia Tenggara, termasuk pada Indonesia. Walaupun bertubuh kecil, namun bunyi kicauannya terdengar sangat lantang. Di kalangan kicaumania, terdapat delapan jenis burung pleci yang poly dipelihara, berikut adalah jenis-jenisnya.


1. Pleci dakun maput 



Pleci dakun maput adalah sebutan umum buat burung pleci dada kuning yang memiliki iris mata berwarna putih. Jenis pleci ini jua kerap dianggap menggunakan nama pleci suci atau pleci muria, terutama lantaran spesies pleci ini poly ditemukan pada kawasan Gunung Muria pada Jawa Tengah. Pleci dakun maput relatif disukai karena memiliki bunyi yang kristal serta cukup nyaring. 


2. Pleci dakun macok 



Pleci dakun macok pun merupakan julukan lain buat menyebut burung pleci dada kuning akan tetapi dengan iris mata yang berwarna coklat. Spesies pleci ini termasuk yang paling generik ditemukan pada pasar-pasar burung. Perawatannya yg dipercaya gampang, dan karakter burung yg cepat berbunyi menciptakan jenis burung pleci ini relatif populer serta banyak dipelihara kicaumania termasuk pemula. 


3. Pleci dakun bali



Burung Pleci Dakun Bali sepintas memang sulit dibedakan dengan Pleci Jawa atau Pleci Dakun Macok. Tetapi tentu masih memiliki perbedaan, misalnya ukuran tubuh yg sedikit lebih besar serta berisi, warna bulu lebih hijau dan jelas, dan kaca mata putih yang lebih lebar. Meskipun memiliki suara kicau yang spesial menyerupai suara anak ayam ngalas, tetapi Pleci yg poly beredar pada Pulau bali ini sedikit lebih penakut. Sering takut bunyi saat didekat manusia.


4. Pleci buxtoni 



Pleci buxtoni ditujukan buat spesies burung pleci yang poly tersebar di wilayah Jawa Barat dan Sumatera. Pleci jenis buxtoni memiliki postur tubuh yg sedikit bundar serta berisi, selain itu juga memiliki suara kicauan yang cukup nyaring. Secara umum, pleci buxtoni memiliki karakteristik-ciri antara lain bentuk lingkar mata/kacamata yg tipis, punggung berwarna lebih gelap dan iris mata coklat. 


5. Pleci montanus 



Pleci montanus atau kadang dianggap dengan nama burung kacamata gunung merupakan jenis pleci yang relatif umum ditemukan dan tersebar pada Pulau Jawa. Pleci montanus memiliki bunyi yang lebih tajam dan kasar. Ciri-karakteristik spesifik yg membedakan menurut jenis pleci lainnya merupakan bagian perutnya yg berwarna keabu-abuan menggunakan sisi tubuh berwarna agak coklat. 


6. Pleci auriventer 



Pleci auriventer dikenal menjadi jenis burung pleci kacamata yang lebih militan dibandingkan jenis pleci lainnya. Pleci auri dikenal mempunyai suara yg lebih ngebas serta acapkali membawakan lagu-lagu ngalas. Di pasaran, pleci auri dihargai relatif tinggi mengingat keberadaannya yg termasuk langka baik pada pasar-pasar burung maupun di alam habitatnya. 


Pleci auri memiliki postur tubuh yg lebih panjang dibanding pleci lain jenis dakun, iris mata coklat serta bagian dada berwarna keunguan dengan garis tipis kekuningan. 

7. Pleci salvadori 


Burung Pleci Slavadori Enggano merupakan keliru satu jenis Pleci yg mempunyai kemampuan kicau yang paripurna. Bermodalkan suara kicau yang ngebas kencang serta mendayu – dayu, Pleci jenis ini mempu menyita perhatian poly pecinta kicau Pleci. 


Ciri spesifik dari Pleci Enggano merupakan dada yg berwarna abu – abu gelap dan sedikit ada campuran rona kuning dalam bulu dadanya. Dibagian ketua masih ada bulu berwarna gelap disisi kanan dan kiri yg mengesankan. Burung Pleci jenis ini banyak ditemui pada Pulau Sumatera, khususnya pada daerah Pulau Enggano.


8. Pleci black-capped 



Burung Pleci Black Capped merupakan jenis andalan lainnya menurut beberapa jenis Pleci. Pleci Black Capped mempunyai karakteristik spesifik bulu dahi yang berwarna hitam, dada berwarna abu – abu serta mempunyai bulu punggung berdasarkan kombinasi warna hijau dan kekuning – kuningan. 


Dari sisi bunyi, kemampuan kicau ngebas dan ngalas menjadi keistimewaan tersendiri untuk pLeci jenis ini. Penyebaran terbanyak Pleci Black Capped ini berada pada Kepulauan Sumatera.


Semoga manfaat dan salam kicau!

0 Response to "INILAH DELAPAN JENIS BURUNG PLECI YANG BANYAK DIPELIHARA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel