KAMPUS DI KOTA BLORA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AL MUHAMMAD CEPU



Pendiri
Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu didirikan oleh Almarhum Bapak KH. Drs. Muhammad Rifa’i Idris serta Almarhumah Ibu Hj. Ni’matul Izzah, BA.

Alamat : Jl. Blora 151 Cepu-Blora. Telp. : (0296) 421515 Fax. : (0296) 425136 Website : ///staialmuhammadcepu.ac.id/ Memiki 3 Jurusan/acara studi : 1. Jurusan Tarbiyah, prodi Pendidikan Agama Islam terakreditasi B. Dua. Jurusan Syari'ah, prodi Ahwal Ahsyahsyiah (Hukum) terakreditasi B. 3. Jurusan Ekonomi, prodi Perbankan Syariah terakreditasi B.



Dasar Pemikiran
Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa adalah tanggungjawab negara, pemerintah, warga serta semua manusia yg ada berupaya buat mewujudkannya. Kecerdasan wajib membangun manusia yg seutuhnya yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur dan berahlak mulia yg merupakan tujuan hidup muslim. Guna mewujudkan tujuan manusia yg cerdas serta berahlak mulia, berbudi luhur serta taqwa kepada Allah SWT memerlukan proses yang lama serta panjang.

Perguruan tinggi adalah galat satu wadah untuk mencerdaskan dan membangun manusia yang berahlak mulia dan bertaqwa pada Allah SWT. Perguruan tinggi hanya poly ditemui pada kota-kota akbar, sebagai akibatnya seseorang pelajar lulusan sekolah lanjutan tingkat atas untuk meneruskan kejenjang perguruan tinggi harus mengeluarkan biaya yg tidak sedikit. Disamping itu, kapasitasnya masih dirasa belum bisa menampung lulusan anak didik SLTA, terutama pada wilayah yang jauh dari perkotaan, terutama di daerah Cepu kabupaten Blora.

Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu merupakan salah satu bisnis sosial dan pendidikan buat mewujudkan dan membantu pemerintah pada membangun insan seutuhnya, membangun manusia yang berbudi luhur, berahlak mulia dan bertaqwa kepada Allah SWT. Adapun tujuan utama adalah membentuk kesinambungan belajar pada lingkungan pondok pesantren menurut pendidikan yg rendah sampai perguruan tinggi. Dimana sampai sekarang masih jarang sebuah pondok pesantren memiliki perguruan tinggi serta ini merupakan impian semenjak berdirinya Yayasan Pondok Pesantren serta Madrasah Al Muhammad Cepu. Diharapkan dapat menelorkan insan-manusia yang berilmu, beramal sholeh serta berbudi luhur serta taqwa kepada Allah SWT adalah realisasi menurut ajaran Islam dan bentuk pengamalan Pancasila. Hal tadi sebagaimana sudah diamanatkan dalam Undang Undang Dasar 1945. Ini suatu upaya berpartisipasi pada pembangunan bangsa dan negara, khususnya pembangunan warga pada Kabupaten Blora pada bidang mental sepiritual.

Eksistensinya tidak tanggal berdasarkan faktor-faktor yang mendorong kelangsungan Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu ini diantaranya merupakan kuliah dilaksanakan di lingkungan Pondok Pesantren Al Muhammad Cepu yang telah memiliki Sekolah Menengah Umum dan Madrasah Aliyah yg mayoritas menginginkan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta nir pindah atau permanen nyantri pada pondok pesantren, mengingat duduk perkara porto maka mereka bisa melanjutkan pendidikan sembari bekerja. Pondok pesantren di seluruh Indonesia masih sedikit sekali. Bahkan di kabupaten Blora belum terdapat perguruan tinggi yang bertempat pada pondok pesantren padahal niat ke pondok pesantren pada samping mendalami ilmu agama pula ingin kuliah sebagai akibatnya menjadi ulama’ yg intelek dan intelek yg ulama’. Disamping itu pada lebih kurang Pondok Pesntren Al Muhammad Cepu menurut penelitian, menunjukkan bahwa perkembangan pendidikan sekolah lanjutan taraf atas masih ada kemajuan yang sangat signifikan. Dilihat menurut jumlah lembaga dan kelulusan anak didik SLTA masih ada sekitar 4000 anak didik, jika 10% meneruskan ke Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu berarti telah terdapat 400 mahasiswa, hal ini belum ditambah dari luar kota. Inilah yg membuat optimisme dalam menyebarkan perguruan tinggi ini.
Demi kelangsungan perkembangan serta pengembangan Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu sudah menyediakan wahana serta prasarana yg sebaik mungkin, baik ruang perkuliahan, perpustakaan, laboratorium serta lain-lain. Dana diperoleh menurut Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu adalah uang kuliah menurut mahasiswa serta sumbangan berdasarkan pihak lain yang sah dan halal. Juga energi pengajar yg berkelayaan, baik dosen tetap maupun nir tetap, karyawan tetap dan komponen pimpinan yang mumpuni. Di samping itu perkembangan kelimuan ditunjang menggunakan pengkajian-pengkajian buku, perpustakaan, ketrampilan kursus dan lain-lain.

Perkembangan Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu
Awal berdirinya Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu dalam tahun akademik 1998/1999 menerima ijin operasional dari Koordinator Kopertais Wilayah X Jawa Tengah Nomor : Kop.wil.X/PP.00.9/84/98 tanggal tiga Agustus 1998 menyelenggarakan Program Studi Strata Satu (S1) Ahwal Al Syakhsyiyah (Syari’ah) dengan jumlah mahasiswa yg terdaftar sebanyak 75 mahasiswa. Perkembangan selanjutnya adalah sbb:

1. Program Studi Strata Satu (S1) Ahwal Al Syakhsiyyah (Syari’ah)
Pada tahun akademik 1999/2000, Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor   : E / 252 / 1999 mendapat ijin Program Studi Strata 1 Ahwal Al Syakhsyiyah (Syari’ah) dengan Status Terdaftar memiliki 115 Mahasiswa, kemudian dalam tahun akademik 2005/2006 menerima perpanjangan ijin menurut Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Nomor : Dj.ii/593/2005 lepas 01 Desember 2005 hingga ketika ini sudah meluluskan 90 Sarjana S1.

2. Program Studi Strata Satu (S1) Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
Pada tahun akademik 2002/2003 Program Studi Strata 1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) mendapat ijin berdasarkan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama Nomor : Dj.ii/131/2002 tanggal 18 Juni 2002 selanjutnya menerima ijin perpanjangan berdasarkan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Nomor : DJ. I/216 C/2007, tanggal 28 Mei 2007 sampai ketika ini telah meluluskan 134 Sarjana S1.

3. Program Studi Diploma II Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah/Pendidikan Guru Agama Islam Sekolah Dasar
Kemudian dalam tahun akademik 2004/2005 Program Studi Diploma II Pendidikan Pengajar Madrasah Ibtida’iyah/Pendidikan Pengajar Agama Islam SD mendapat ijin dari Koordinator Kopertais Wilayah X Jawa Tengah Nomor : 03 Tahun 2004 lepas 25 Juni 2005 meluluskan 56 non gelar, selanjutnya dalam athun baru akademik 2007/2008 wajib telah ditutup mengingat berlakunya Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005.

4.program Akta IV
Pada Tahun Akademik 2006/2007 dibuka Program Akta IV dari Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama Nomor : Dj.ii/131/2002 tanggal 18 Juni 2002, serta diperpanjang menurut Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Nomor : DJ. I/216 C/2007, lepas 28 Mei 2007. Sampai sekarang sudah meluluskan sebanyak 84 orang.

Periode Kepemimpinan
Kepemimpinan Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu selama periode 1988/1999 hingga dengan 2004/2005 pada pegang oleh Bapak KH. Drs. Muhammad Rifa’i Idris dengan susunan senat sbb:

Ketua                                   :  KH. Drs. Muhammad Rifa’i Idris
Pembantu Ketua I             :  Drs. Kadarismanto
Pembantu Ketua II           :  Drs. Hidayat
Pembantu Ketua III         :  Drs. Nuril Asror
Ketua Jurusan Syari’ah   :  Ni’matul Izzah, BA
Ketua Tata Usaha            :  Purnomo
Kasubtubid Keuangan     :  Khusnullatifatunnuri
Kasubtubid Persuratan   :  Moch. Harsono
Kepala PPM                      :  Drs Fachrudin
Kepala Puslitbang            :  M. Nurrosyiddin, S. Ag
Kepala Perpustakaan      :  Nastain, S. Ag

Kemudian dalam tahun akademik 2005/2006 hingga dengan kini dengan mangkatnya Bapak Drs. KH. Muhammad Rifa’i Idris tampuk kepemimpinan Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu dilanjutkan sang istri dia yaitu Dra.hj.nur Lathifah Rifa’i, MA. Adapun komposisi senat sbb:

Ketua                                   : Dra. Hj. Nur Lathifah Rifa’i, MA
Pembantu Ketua I              : Drs. Kadarismanto, M. Pd. I
Pembantu Ketua II            : Drs. Noor Hadi MA
Pembantu Ketua III          : Moh. In’ami, M.ag
Ketua Jurusan Syari’ah     : Drs. H. Akhmad Kholid
Ketua Jurusan Tarbiyah  : Abdul Halim, MHI
Sekjur Syari’ah                  : Joko Widodo, MH
Sekjur Tarbiyah                 : Sumintar, S. Pd, MM
Kepala Tata Usaha            : Purnomo, S. Pd. I
Kesubtubid Keuangan       : Khusnul Lathifatunnuri, SHI
Kasubtubid Persuratan     : Moch. Harsono, SHI
Kepala PPM                        : Drs. Fachruddin
Kepala Puslitbang              : M Nurrosyiddin, S.ag
Kepala Perpustakaan        : M. Wahyudin, S. Pd. I

Selanjutnya mengingat perkembangan ke depan tugas serta tanggungjawab semakin berat, maka Ibu Dra.hj.nur Lathifah Rifa’i, MA istiqomah dalam Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren dan Madrasah Al Muhammad Cepu, kemudian tampuk kepemimpinan Sekolah Tinggi Agama Islam Al Muhammad Cepu dilanjutkan oleh Drs. Kadarismanto, M. Pd. I dengan komposisi senat sbb:
Ketua                                : Drs. Kadarismanto, M. Pd. I
Pembantu Ketua I            : Abdul Halim, MHI
Pembantu Ketua II          : Drs. Noor Hadi MA
Ketua Jurusan Syari’ah    : Drs. H. Akhmad Kholid
Ketua Jurusan Tarbiyah   : Sumintar, S. Pd, MM
Sekjur Syari’ah                   : Joko Widodo, SHI, MH
Sekjur Tarbiyah                : Drs. Syaifudin Zuhri
Kabag Tata Usaha 1          : Purnomo, S. Pd. I
Kabag Tata Usaha dua        : M Nurrosyiddin, S.ag
Kasubag Keuangan            : Khusnul Lathifatunnuri, SHI
Kasubag Persuratan           : Anisah, S. Pd. I
Kasubag Rektorat              : Rohmad, S. Pd. I
Kasubag Mahasiswa            : Moch. Harsono, SHI
Kasubag Akademik             : Adi Kusmanto, S. Pd. I
Kasubag Ketenagaan         : Tri Setyo, S. Pd. I
Kepala PPM                          : Drs. Fachruddin
Kepala Puslitbang               : Drs. Mamik Slamet, MM, M. Pd
Kepala Perpustakaan         : M. Wahyudin, S. Pd. I

0 Response to "KAMPUS DI KOTA BLORA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AL MUHAMMAD CEPU"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel