5 HAL PENTING DALAM MENANGKARKAN BURUNG LOVEBIRD

Meski cukup terkenal serta banyak dipelihara buat tujuan ditangkarkan, namun masih banyak penggemar burung yg sedang mencoba menangkarkan burung lovebird nya memiliki kendala ketika menangkarkan burung lovebird nya. Kendala yg ada umumnya berupa burung indukan betina yang nir mau bertelur, indukan yg kurang birahi serta indukan yang tak kunjung bertelur. 

Untuk itu, silahkan cermati 5 hal berikut ini yg bisa membantu mengatasi masalah serta hambatan dalam menangkarkan burung lovebird anda. 

1. Menempatkan pasangan lovebird lain di satu ruangan
Tempatkan pasangan lovebird lain dalam satu ruangan, atau bila anda ingin menangkarkan burung lovebird dan apabila kebetulan mempunyai beberapa pasang burung yang akan diternakkan, sebaiknya tempatkan mereka bersama-sama dalam satu ruangan / kamar. Dengan begitu, suara menurut pasangan lovebird lain yang sedang kawin atau bertelur secara pribadi bisa memancing indukan betina yang lain untuk kawin dan bertelur juga.

2. Memasang lampu Full Spektrum 
Memasang lampu Full Spektrum relatif lazim dalam penangkaran serta perawatan burung lovebird pada semua global. Cahaya lampu ini memberikan cahaya yang seperti dengan cahaya matahari sehingga burung akan merasa nyaman yang sanggup mempercepat mereka untuk bertelur. Secara generik Lampu Full Spektrum memiliki suhu rona 5500 K (Kelvin), suhu warna yang demikian memiliki poly manfaat bagi burung termasuk kesehatannya. Bahkan lampu ini bisa menggantikan cahaya matahari yang digunakan untuk menjemur burung, sehingga dengan begitu burung nir perlu dibawa keluar ruangan dan permanen hanya pada pada ruangan. 

3. Mengganti pakan lovebird
Lovebird betina yg tidak kunjung bertelur mampu disiasati dengan perubahan pilihan menu makanannya. Sebagai model, berikan makanan yang bisa memicu hormon lovebird betina supaya cepat bertelur. Beberapa kuliner yg kami sarankan diantaranya tauge, biji kwaci, kangkung, atau tulang sotong.

4. Memasang kotak sarang / Glodok
Kotak sarang atau biasa disebut glodok merupakan tempat di mana lovebird akan bertelur dan mengerami telurnya. Untuk itu anda harus memperhatikan ukuran gelodok dan rapikan letak yg tepat agar lovebird betina cepat bertelur. Untuk berukuran kotak sarang / gelodoknya, usahakan nir terlalu besar serta tidak terlalu kecil. Buatlah ukuran yang pas yang sesuai ukuran lovebird itu sendiri. Lubang pintu jangan terlalu lebar, tapi sesuaikan menggunakan berukuran lovebird. Untuk luas bagian dalamnya, jangan terlalu luas namun jangan terlalu sempit. Serutan kayu di dalam kotak setebal dua,5 centimeter saja, karena lovebird umumnya akan menyusun sarangnya kembali. 
5. Menambah suplemen pada burung yg sedang ditangkarkan.
Hal terakhir yang sanggup dilakukan merupakan pemberian suplemen bagi burung. Pemberian suplemen ini poly dianggap menjadi sesuatu yg tidak begitu krusial/ harus, padahal sebenarnya bila kita ingin mendapatkan burung pada kondisi fisik, ereksi dan kesehatan yang baik maka kita nir sanggup hanya mengandalkan menurut segi makanannya saja. Lantaran misalnya kita memahami, apa yang kita berikan pada burung setiap harinya hanya itu-itu saja, alias nir bervariasi sebagaimana di alam liar. Karena itulah pemberian suplemen secara tidak langsung adalah satu hal yg cukup penting terutama bagi burung yg sedang ditangkarkan. 
Selain memperbaiki metabolisme, pemberian suplemen pula bisa mempertinggi syarat ereksi dari burung dan meningkatkan peluang keberhasilan dari telur menetas, mencegah indukan mengalami kondisi egg binding atau telur mengikat dan menjaga kesehatan anakan lovebird yang baru menetas.
Itulah 5 hal yg sebaiknya anda pertimbangkan sebelum memulai menangkarkan burung lovebirdnya. 
Semoga berguna serta SALAM KICAU!

0 Response to "5 HAL PENTING DALAM MENANGKARKAN BURUNG LOVEBIRD"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel