KICAU BURUNG CINENEN KELABU

Burung Cinenen Kelabu atau Prenjak kelabu atau dalam bahasa jawanya diklaim Prenjak Klawu ini artinya galat satu spesies burung prenjak yang keberadaannya sanggup dijumpai di Indonesia.dalam bahasa Inggrisnya,burung ini diklaim menggunakan Ashy Tailorbird (Orthotomus ruficeps)- Lesson, 1830. Burung ini ukuran kecil (lebih kurang 11 cm), berwarna abu-abu, kepala merah karat. Burung jantan mempunyai warna mahkota, dagu dan pipi merah-karat, bulu yang lain abu-abu, dan perut putih.

Burung betina memiliki warna yg berbeda dengan bab ketua tidak semerah jantan, pipi serta kerongkongan atas putih. Iris coklat kemerahan, paruh coklat; kaki merah jambu. Suara panduAN BURUNGan burung ini sangat seakan-akan dengan Suara Burung Cinenen Jawa, seringkali dimuntahkan secara bersahut-sahutan sang burung jantan dan betina.
Burung ini memiliki tempat asal asli pada Asia Tenggara dengan daerah penyebaran yang meliputi Brunei, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Pilipina, Singapore, Thailand dan pula Vietnam. Persebaran lokal di Indonesia mencakup Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan pulau-pulau kecil disekitarnya.terdiri atas 8 sub-spesies, dengan kawasan persebaran menjadi berikut:
  1. Orthotomus ruficeps cagayanensis (Riley, 1935): Cagayan Sulu (tepi utara pulau Kalimantan).
  2. Orthotomus ruficeps cineraceus (Blyth, 1845): ujung selatan Myanmar (Tenasserim selatan), Thailand selatan, Semenanjung Malaysia, Sumatera, Bangka dan Belitung.
  3. Orthotomus ruficeps baeus (Oberholser, 1912): Nias dan Kep. Pagai (tepi barat Sumatera).
  4. Orthotomus ruficeps oncinnus (Riley, 1927): Siberut serta Sipura (tepi barat Sumatera).
  5. Orthotomus ruficeps borneoensis (Salvadori, 1874): Kalimantan.
  6. Orthotomus ruficeps ruficeps (Lesson, 1830): Jawa.
  7. Orthotomus ruficeps baweanus (Hoogerwerf, 1962): Pulau Bawean (utara pulau Jawa).
  8. Orthotomus ruficeps palliolatus (Chasen & Kloss, 1932): Kepulauan Kangean dan Karimunjawa (ujung utara Jawa).
Burung ini seringkali terlihat mengunjungi hutan terbuka, pinggir hutan, hutan mangrove, semak-semak di tepi pantai, kebun, tanaman sekunder, dan rumpun bambu hingga ketinggian 950 mdpl.suara burung ini sangat seakan-akan dengan Prenjak Jawa,tetapi secara keseluruhan,ada beberapa vokalisasi atau nada yg berbeda.berikut ini terdapat 4 arsip audio suara burung cinenen kelabu yg diambil dari rekaman cinenen kelabu poly sekali wilayah.
Ada yg seakan-akan dengan prenjak jawa (cinenen jawa) dan ada jua yang tidak sama.silahkan download serta dengarkan suara panduAN BURUNGnya dibawah ini.
Suara Cinenen Kelabu
Suara Cinenen Kelabu V2
Suara Cinenen Kelabu V3
Suara Cinenen Kelabu V4
Semoga bermanfaat dan salam panduAN BURUNG mania.informasi diatas dikutip menurut situs kutilang.or.id dengan sumber audio dari xeno-canto dan sudah diedit sang www.timpanduAN BURUNG.com.

0 Response to "KICAU BURUNG CINENEN KELABU"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel