EKSOTISNYA BURUNG OCEHAN BONDOL HIJAU BINGLIS

Kenalkah anda dengan burung ocehan yg berjulukan bondol hijau binglis? Mungkin ada yg sudah mengenal burung ini dan ada pula yang masih penasaran tentang burung tersebut. Ya, artikel ini akan coba mengulas tentang burung ocehan bondol hijau binglis yang penyebarannya masih ada pada beberapa kawasan pada Indonesia. Sedari itu para pembaca bisa membaca artikel ini sampai tuntas alasannya yaitu akan diketahui mengenai burung bondol hijau binglis yang terkait menggunakan ciri-ciri, habitat, karakter, dan sebagainya.
Burung bondol hijau binglis yaitu jenis burung ocehan yang penyebarannya hanya masih ada di benua asia saja yg meliputi Thailand, Laos, Malaysia, serta Indonesia. Di Indonesia penyebaran dari burung bondol hijau binglis terdapat di tiga daerah yakni Jawa, Sumatera, serta Kalimantan dengan penyebutan nama yg bhineka juga. Ada beberapa nama untuk burung bondol hijau binglis yaitu pipit lansi, gelatik ngungu, tarehan, tarahan, serta rannas. Sedangkan pada luar negeri lebih tepatnya pada Eropa burung bondol hijau binglis memiliki nama pin-tailed parrot finch.
Ciri-ciri fisik dari burung bondol hijau binglis berbeda antara jantan serta betinanya akan tetapi secara generik berukuran badan berdasarkan burung bondol hijau binglis jantan dan betina yaitu sama yakni 15 centimeter. Untuk yg jantan karakteristik-cirinya ialah terdapat warna hijau pada bab atas tubuhnya, muka berwarna biru, dalam bab bawah tubuhnya masih ada rona kuning renta dan di tengahnya terdapat bercak merah, serta dalam bab tunggir dan ekornya berwarna merah. Sedangkan buat betinanya mempunyai karakteristik-ciri menjadi berikut: pada bab atas tubuhnya didominasi rona hijau renta yg melingkupi muka dan kepalanya, sedangkan dalam bab bawah tubuhnya terdapat warna coklat terang pada bab dadanya dan sedikit gelap di bab bawah dadanya.

Burung bondol hijau binglis mempunyai nama latin Erythrura prasina yang habitat hidupnya artinya dalam tempat berpohon dan terbuka menyerupai hutan, perbukitan, ladang, sawah, serta taman. Kebiasaan hidup burung ocehan ini adalah berkelompok dalam jumlah kecil dengan senang berpindah-pindah bila waktu trend panen padi tiba untuk berburu makanan. Burung bondol hijau binglis termasuk jenis burung pemakan biji-bijian dan buah-buahan yang tampak menurut bentuk paruhnya yang berbentuk corong menyerupai burung parrot.
Karakter atau sifat berdasarkan burung bondol hijau binglis ialah jenis burung pemalu yang kurang mampu berbaur menggunakan burung yang tidak sama dengannya serta berjumpa dengan manusia. Sehingga dalam perawatan burung bondol hijau binglis sebisa mungkin jangan dibaurkan dengan burung ocehan lain yang tidak sama dengannya. Dan jua sediakan sangkar menggunakan ukuran yang relatif akbar dan letakkan tempat makanannya di atas tangkringan tempat berpijak kakinya.
Nah, sedangkan buat ciri-karakteristik bunyi dari burung bondol hijau binglis yaitu suara panduAN BURUNGannya dikeluarkan saat makan di kelompoknya serta nadanya lemah dan tinggi dengan bunyi “zit zit zit”. Sehingga menggunakan adanya paduan keindahan antara paduan warna yg beragam dan bunyi yang merdu dalam burung bondol hijau binglis maka keeksotisan dari burung ocehan tersebut begitu terpancar serta terlihat jelas.
Demikianlah uraian penjelasan tentang burung ocehan bondol hijau binglis sedari itu bagi Anda yg tertarik dengan burung bondol hijau binglis bisa memeliharanya serta melatih panduAN BURUNGannya hingga sebagai burung ocehan yang master. Dan biar artikel ini bermanfaat bagi kita semuanya. Terima kasih.
Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
1. //ompanduAN BURUNG.com/2013/03/13/perawatan-dan-penangkaran-burung-bondol-hijau-binglis-pin-tailed-parrot-finch/
2. //www.kutilang.or.id/burung/konservasi/bondol-hijau-binglis/
Gambar:
//ngoceh.us/menu/read/1439

0 Response to "EKSOTISNYA BURUNG OCEHAN BONDOL HIJAU BINGLIS"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel