SEPULUH CARA MEMBEDAKAN LOVEBIRD JANTAN DAN BETINA LENGKAP

Banyak penggemar lovebird yg mengaku mengalami kesulitan saat membedakan jenis kelamin burung mereka yg akan diternak. Penampilan jantan dan betina burung lovebird memang memiliki kemiripan satu sama lainnya, sebagai akibatnya mampu menyusahkan orang yang berniat menangkarkannya.

 Penampilan burung lovebird jantan serta betina memang sulit dibedakan karena memiliki kemiripan satu sama lainnya. Hal itu juga yg diakui sang poly penggemar lovebird yang mencoba menangkarkannya. Tapi jangan keburu putus asa, lantaran dari pengalaman para peternak lovebird di Indonesia, kita bisa membedakan lovebird jantan serta betina menggunakan mengamati beberapa ciri-karakteristik berikut adalah.
Secara umum, lovebird terbagi dalam tiga gerombolan sesuai taraf kesulitan dalam membedakan jenis kelaminnya. Ketiga gerombolan tersebut merupakan:
Kelompok Dimorfik yang mudah dibedakan jenis kelaminnya. Kelompok ini terdiri dari jenis-jenis:
  • Black-winged lovebird atau Abyssinian lovebird (Agapornis taranta)
  • Madagascar lovebird (Agapornis cana)
  • Red-faced lovebird (Agapornis pullaria)

Kelompok Intermediate, yang relatif sulit dibedakan. Jenis lovebird yg masuk pada kelompok ini adalah Black collared lovebird atau Agapornis swinderniana. 
Kelompok Lovebird Kacamata, yang jenis kelaminnya nir konsisten sebagai akibatnya sulit dibedakan. Burung-burung yg masuk pada gerombolan lovebird kacamata merupakan:
  • Lilian's lovebird / Nyasa lovebird (Agapornis lilianae)
  • Black-cheeked loveird  (Agapornis nigrigenis)
  • Fischer's lovebird (Agapornis fischeri)
  • Masked lovebird atau Yellow-collared lovebird (Agapornis personatus)

Seperti pepatah "Pengalaman adalah Pengajar yang paling berharga", kini pengetahuan para peternak tentang cara membedakan jenis kelamin lovebird sedikit demi sedikit mulai terasah. Banyak berdasarkan mereka yang mampu mengenali ciri-ciri lovebird jantan serta betina hanya menggunakan mengamati konduite dan penampilan fisik. 
Terkait hal tersebut, agrobur.com merangkum 10 cara bagaimana membedakan jenis kelamin lovebird yang paling akurat.  
1. Mengamati bentuk paruh 
Bentuk paruh burung lovebird jantan umumnya lebih runcing dan lebih sempit, sedangkan bentuk paruh yg homogen-rata dimiliki sang lovebird betina berujung tumpul, besar dan melebar. 
2. Mengamati bentuk fisik 
Lovebird jantan mempunyai ukuran tubuh yg lebih kecil daripada burung betina. Bagian kepalanya berbentuk papas atau cepak. Sedangkan lovebird betina mempunyai bagian kepala yg bundar . 
3. Mengamati bentuk sayap 
Ujung sayap yang dipunyai burung lovebird jantan akan terlihat menyilang, sedangkan ujung sayap pada burung betina nir menyilang / tidak saling bertemu. 
4. Mengamati bentuk ekor 
Rata-homogen ekor burung lovebird jantan berujung runcing / lancip sedangkan pada burung betina, ujung bulu ekornya cenderung merata. 
5. Mengamati cara bertengger 
Lovebird jantan umumnya bertengger dengan kaki yg sedikit rapat, sedangkan betina bertengger menggunakan kaki yg terbuka / melebar. 
6. Mengamati jenis kelamin dengan  bandul 
Alternatif lain yang digunakan peternak buat membedakan jenis kelamin lovebird merupakan menggunakan pendulum atau bandul. Di sini peternak menggunakan media logam atau cincin yang diikatkan pada seutas tali. Burung lovebird dipegang menggunakan tangan kiri, sementara tangan yg lain memegang pendulum sampai berkiprah. 
Gerakan pendulum tadi akan menaruh prediksi tentang jenis kelamin lovebird tadi. Cincin yg bergerak maju mundur menandakan bila burung berjenis kelamin jantan, sedangkan bila gerakan cincin memutar maka itu adalah lovebird tersebut berjenis kelamin betina. 
Baca: Mengecek jenis kelamin burung dengan pendulum
Metode pendulum atau bandul ini memang nir bisa dijadikan patokan yang sempurna, dan lebih merupakan prediksi saja. Tetapi metode ini ternyata sudah relatif generik digunakna para peternak di mancanegara selama berabad-abad.
7. Mengamati supit udang atau tulang supit
Burung jantan memiliki tulang supit yg lebih sempit dan terasa tajam, sedangkan tulang supit betina lebih lebar dan lunak. 
8. Mengamati konduite 
Perilaku lovebird jantan ketika masa birahi umumnya akan selalu terlihat manggut-manggut ketika berada dekat betinanya. Mereka pula akan mengeluarkan bunyi berupa " tik-tik-tik atau cit-cit-cit". Selain itu, lovebird jantan jua seringkali terlihat berusaha melompai burung betina dan gemar mondar-mandir sambil memanggil pasangan. 
Baca: Solusi lovebird kawin tangkringan
Burung jantan bisa pula dilihat menurut yang pertama atau yg paling acapkali menaruh kuliner / meloloh pasangannya. Ciri-ciri lain yg relatif jitu merupakan lovebird jantan akan terlihat gesek tangkringan dan menaiki tubuh pasangannya. 
9. Mengamati saat membuat sarang
Ketika akan membuat sarang, burung lovebird betina merupakan yg paling aktif.  Lovebird betina akan selalu terlihat sangat rajin mengumpulkan bahan-bahan sarang. 
10. Melakukan uji DNA 
Uji DNA merupakan hal terakhir yg dapat dilakukan apabila peternak permanen merasa kewalahan membedakan jenis kelamin burung yg dirawatnya. Tes DNA akan memberikan keakuratan sebanyak 100 % dengan menguji sampel yang dibawa peternak, yaitu bulunya. 
Demikian 10 cara membedakan jenis kelamin lovebird yg paling lengkap. Untuk selanjutnya anda dapat menyimak tips-tips lovebird lainnya ini dia: 
Langkah gampang menjodohkan serta menangkarkan burung lovebird

Lima cara supaya lovebird cepat bertelur

Semoga manfaat

0 Response to "SEPULUH CARA MEMBEDAKAN LOVEBIRD JANTAN DAN BETINA LENGKAP"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel